REMBUK STUNTING TIM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING KABUPATEN BARITO UTARA TAHUN 2024
30-07-2024 08:36


Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DISDALDUK KB-P3A) Kabupaten Barito Utara Bersama dengan Pemerintahan Kabupaten Barito Utara dan beberapa intansi serta Perangkat Daerah Kabupaten Barito Utara melakukan Kegiatan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Barito Utara.

DISDALDUK KB-P3A Kabupaten Barito Utara Bersama dengan Pemerintahan Kabupaten Barito Utara dan beberapa intansi serta Perangkat Daerah Kabupaten Barito Utara melakukan Kegiatan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Barito Utara melalui tim percepatan penurunan stunting Kabupaten Barito Utara Tahun 2024 sebagai Strategi dan kebijakan untuk mengatasi permasalahan stunting. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 26 Juni 2024 di Aula BAPPEDALITBANG Jalan Ahmad Yani No. 186 Muara Teweh. Kegiatan Rembuk Stunting ini dihadiri langsung oleh Pj. Bupati Barito Utara Drs. Muhlis Selaku ketua Pengarah Tim Percepatan Penurunan Stunting didampingi oleh Pj. Ketua PKK, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda beserta intansi dan perangkat Daerah Kabupaten Barito Utara.

Stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang yang ditandai dengan Panjang atau tinggi badannya berada dibawah standar yang ditetapkan oleh Menteri yang Menyelenggarakan urusan pemerintah di Bidang Kesehatan. Stunting ini termasuk dalam permasalahan yang serius yang memerlukan penanganan secara tepat dan menyeluruh karena dampak yang ditimbulkan akan sangat merugikan, bukan hanya pada masa depan anak itu sendiri namun juga pada keluarga serta bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia dan kelangsungan Pembangunan dimasa akan dating.

Kegiatan Rembuk Stunting ini dibuka langsung oleh Pj Bupati Barito Utara, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) angka prevalensi stunting Barito Utara mengalami penurunan sebesar 4,3% dari 19,6% tahun 2022 menjadi 15,3% di Tahun 2023, dan pada tahun 2024 ini kita menargetkan prevalensi stunting dapat mencapai 16,21%. Dari hasil evaluasi intervensi serentak pencegahan stunting Provinsi Kalimantan Tengah, untuk Kabupaten Barito Utara per tanggal 24 Juni 2024 Progres Hasil Balita yang diukur 4.776 balita dari target 9.430 balita, sedangkan Kalimantan Tengah 54,83% urutan 27 dari 38 Provinsi. Disamping itu, Kepala Dinas Dalduk KB P3A dalam melaporannya juga menyampaikan bahwa Kabupaten Barito Utara mengalami Kemajuan yang pesat dalam menurunkan angka Prevalensi Stunting yang mana dari data dari SSGI Tahun 2021 Barito Utara diangka 28,3%, kemudian turun menjadi 19,8% di Tahun 2022 serta data terakhir di Tahun 2023 Kabupaten Barito Utara mendapatkan angka 15,3% dan telah melampaui target yang ditetapkan oleh Pusat yaitu 19,95%.

Dalam kegiatan Rembuk ini dengan Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Barito Utara Tahun 2024 ini akan menjadi kegiatan strategis yang bertujuan menurunkan stunting di Kalimantan Tengah terutama di kabupaten Barito Utara dan menjadi salah satu indikator percepatan penurunan stunting yang harus diimplementasikan oleh Pemerintah Daerah.

 

Oleh Bagian Hukum